Gaji Karyawan JD ID Semua Jabatan 2024

Gaji karyawan JD ID – Siapa yang tidak mengenal JD ID, salah satu e-commerce atau toko online ini menjadi anak perusahaan dari JD.COM yaitu online shop yang masuk ke dalam jajaran perusahaan besar di Asia.

Keberadaan JD ID di Indonesia memang sudah cukup lama, e-commerce ini beroperasi pertama kali pada bulan November 2015 lalu dengan misi yang diemban adalah menghadirkan kebahagiaan atau make the joy happen.

Di Indonesia sendiri memang JD ID begitu terkenal, apalagi iklan dari toko online ini sering muncul di media sosial.

Untuk layanan belanja online, JD ID telah mempunyai 12 kategori produk, baik itu kategori perangkat elektronik, produk mewah, produk ibu dan anak, dapur, dan lain sebagainya.

Toko online yang satu ini terbilang pesat berkembang di Indonesia, hal ini bisa kita lihat dari jumlah produk yang pada tahun 2015 ada 10.000 SKU, akhirnya di 2016 telah mencapai 100.000 SKU.

Profil JD ID

Sebelum ke pembahasan utama mengenai gaji karyawan JD ID, maka terlebih dahulu mari kita simak profil dari JD ID.

JD ID tidak hanya melayani belanja online saja, namun juga memberikan layanan jasa pengiriman yang telah menjangkau 365 kota di seluruh Indonesia.

E-commerce yang satu ini memang terbilang memiliki prestasi yang gemilang, bahkan masuk ke dalam jajaran 10 besar e-commerce dengan trafik besar di Indonesia pada akhir Desember tahun 2022 lalu.

JD.COM merupakan induk dari JD ID atau yang juga dikenal dengan Jingdong, ini merupakan perusahaan toko online dengan pusatnya berada di China.

Baca juga: Gaji Karyawan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) Semua Jabatan Terbaru

Profil Pendiri JD ID

Perusahaan JD.COM didirikan oleh Liu Qiangdong atau juga akrab disapa Richard Liu. Pria ini berasal dari desa Chang’an, Jiangsu, China dan lahir pada tanggal 10 Maret 1973.

Liu sendiri berasal dari pedesaan miskin di China, bahkan sejak ia kecil Liu lebih banyak menyantap jagung dan ubi untuk mengisi perut.

Walaupun demikian, ia begitu ulet hingga akhirnya bangkit dari kemiskinan dan kini menjadi salah satu pengusaha tersukses di China.

Liu memiliki etos kerja yang konsisten, JD.COM tidak hanya dijadikan sebagai situs belanja online populer namun juga selalu berinovasi dalam teknologi dan logistik.

Kedua orangtua Liu semasa kecil cukup sering bepergian dan menitipkan Liu ke sang nenek. Mereka memang mencoba untuk beralih profesi yang semula petani menjadi pendiri perusahaan keluarga yaitu bidang pengiriman batu bara.

Sedari kecil Liu adalah sosok inovator dan pemimpi, ketika ia duduk di bangku sekolah dasar saja ia meyakinkan ke teman-temannya berjalan ke kota yang paling dekat kalau kelas telah usai.

Ternyata tujuannya adalah karena ia mendengar bahwa pemerintah telah memasang teknologi pembangkit listrik yang tidak ada di desa tempat tinggalnya.

Ia pun terpicu ide bahwa di luar sana terdapat teknologi yang lebih besar dari apa yang ia bayangkan selama ini.

Ketika Liu melanjutkan pendidikan ke Universitas Rakyat China (Universitas Renim Beijing), ia mengambil kuliah sosiologi dan saat itu ia beranggapan mungkin akan menjadi seorang politikus.

Di tahun 1996 akhirnya Liu lulus kuliah, ia bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang suplemen herbal yaitu Japan Life.

Ia terus berusaha dalam menaiki karirnya sambil melanjutkan pendidikan di Sekolah Bisnis Internasional China Eropa dalam mengejar gelar EMBA.

Kegigihan yang dimiliki Liu sukses mengantarkannya mendapatkan gelar dan promosi jabatan sebagai Direktur Komputer dan Layanan.

Usai dua tahun bekerja di Japan Life, Liu resign dan merintis bisnisnya sendiri.

Tadinya JD.COM adalah perusahaan dalam bidang ritel yang kantornya berlokasi di Zhongguancun, kantor tersebut adalah bangunan dengan luas hanya 4 meter saja.

Liu yang ketika itu memiliki tabungan sebesar 12.000 yuan pun menyewa stan kecil dan memulai JD.COM atau Jingdong.

Semuanya diawali dengan menjual mesin penggerak cakram optik yang bisa menulis ulang data ke perangkat yang dari segi tampilan mirip dengan disket.

Setelah JD.COM beroperasi selama lima tahun, bisnis yang dijalankan Liu mengalami lompatan besar. Ia pun akhirnya berhasil melebarkan usahanya.

Perjalanan yang Liu lalui memang tidak mudah, bahkan ia pun mengalami beberapa kendala. Namun semua itu tidak membuat Liu menyerah.

Di tahun 2004, Liu mendirikan JD.COM sebagai online shop atau toko online.

Di mana JD.COM ini diklaim selalu mengontrol setiap aspek rantai pasokan, dengan demikian perusahaan akan bertanggung jawab untuk barang-barang yang dibeli oleh konsumen.

JD.COM selalu berupaya untuk memberantas barang-barang palsu yang kerap kali menipu konsumen, hal inilah yang membuat kalimat “Dijamin Ori” begitu lekat dengannya.

Baca juga: Gaji Karyawan Blibli Semua Jabatan Terbaru 2024

Visi dan Misi JD ID

gaji karyawan JD ID

Visi misi dari perusahaan gaji karyawan JD ID yaitu sebagai berikut:

Visi

JD ID memiliki komitmen untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang lebih baik, leluasa, dan selalu menyediakan produk berkualitas, premium, asli, dengan harga yang bersaing. Layanan JD ID dapat diandalkan dan dipercaya, pengiriman produk hingga ke tangan konsumen pun selalu cepat dan aman.

Misi

Make the joy happen” adalah misi yang diemban oleh JD ID. Perusahaan JD ID selalu menghadirkan kebahagiaan kepada semua pelanggan di Indonesia dengan layanan yang cepat, andal, dan pastinya aman.

Berbagai produk yang dimiliki oleh JD ID pastinya berkualitas dengan harga bersaing.

JD ID selalu menggunakan layanan logistik milik sendiri dan telah memiliki jaringan mitra di berbagai wilayah di Indonesia.

Layanan antar barang yang cepat dan bisa diandalkan oleh pelanggan. Nilai-nilai kompetitif yang dimiliki JD ID bertujuan menjadi e-commerce yang populer dan bisa selalu dipercaya.

Selalu berupaya menghadirkan berbagai produk menarik ke seluruh pelanggan setia JD ID di Indonesia.

Layanan JD ID

Dengan gaji karyawan JD ID yang begitu menarik pastinya JD ID selalu memberikan layanan terbaik juga untuk para pelanggannya.

Di bawah ini adalah berbagai layanan dari JD ID yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya di Tanah Air, seperti:

1. Adanya Program Sharing Buy

Sharing Buy adalah salah satu program menarik dari JD ID, di mana program ini akan memberikan keuntungan untuk beberapa pengguna.

Hal tersebut dikarenakan semua pengguna setia JD ID memiliki peluang dalam mengambil barang yang harganya terbilang tinggi namun melunasinya bisa setelah mendapatkan diskon. Tidak hanya itu saja, barang tersebut juga dikirim tanpa ongkir.

Program Sharing Buy dapat dilakukan dengan mengajak pengguna JD ID yang lain dalam membeli produk yang bertepatan.

Pengguna juga dapat meyakinkan bahwa pembelian tersebut dilakukan dengan penggunaan akun lain, nantinya kedua pengguna akan mendapat harga yang lebih miring.

2. Menyediakan Produk dengan Harga Kompetitif

Harga yang kompetitif adalah daya tarik tersendiri dari suatu e-commerce, JD ID juga demikian.

Harga bersaing selalu menjadi momen yang begitu dinantikan, setiap harinya JD ID selalu menyediakan produk dengan harga kompetitif.

Bahkan di tanggal dan jam-jam tertentu diskon suatu barang di JD ID bisa mencapai 70% dari harga normal.

Sudah ribuan pengguna JD ID yang mengaku puas berbelanja di e-commerce yang satu ini dan mereka selalu menunggu jam-jam tertentu agar mendapatkan diskon besar.

Sebagai contoh sabun cair yang tadinya seharga Rp100.000, di jam tertentu diskon 70% sehingga harganya hanya Rp30.000 saja.

Bahkan gadget kekinian juga tak ketinggalan, mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan bisa Anda dapatkan di JD ID.

3. Selalu Memprioritaskan Servis Customer

Dengan selalu memprioritaskan pelanggan, pelayanan yang diberikan oleh JD ID terbilang sangat baik.

Setiap customer service selalu dengan tanggap memberikan jawaban kepada setiap pertanyaan dari konsumen setia JD ID.

Apapun permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh konsumen terkait dengan JD ID akan dibantu oleh CS.

JD ID juga memiliki komitmen dalam menjaga pelanggan agar tidak beralih. Terdapat begitu banyak layanan yang telah disiapkan oleh JD ID secara eksklusif sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan setia.

Kendala seperti pengembalian barang atau penggantian, pengiriman, dan lain sebagainya jangan ragu untuk menghubungi customer service JD ID.

Baca juga: Gaji Karyawan Perum Perumnas Semua Jabatan Terbaru

Penghargaan JD ID

PT Jingdong Indonesia Pertama (JD.ID) telah mendapatkan banyak sekali penghargaan, di tahun 2022 saja JD ID berhasil mendapatkan Platinum dan Gold dari 4 kategori berbeda dalam ajang Indonesia Contact Center Association (ICCA) 2022.

Keempat penghargaan yang berhasil didapatkan oleh JD ID yaitu 2 Platinum Awards dengan kategori Best Business Contribution & Best Technology Innovation.

Dan 2 penghargaan Gold Awards dengan kategori Best Operations & Best Customer Experience.

Piagam penghargaan pun telah diterima oleh XC Team JD ID, Maneesha Bushal – CX Director, Surya Santoso – CX Team, Andri Priambodo – CX Team, dan Robot Fransiska – CX Team.

Kegiatan yang dilakukan ini adalah salah satu upaya dari Indonesia Contact Center Association (ICCA) dalam mengembangkan industri contact center dan ajang menerapkan standar kualitas dalam pelayanan serta kinerja contact center ke beragam perusahaan di Tanah Air.

ICCA (Indonesia Contact Center Association) sendiri merupakan organisasi nirlaba dengan misi pengembangan contact center Indonesia, meningkatkan pelayanan sehingga mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial budaya dengan cara ikut memberdayakan SDM berkualitas.

Alamat JD ID

Alamat: Jl. Biak No.4 A, RT.1 / RW.6, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 10150

No telepon: (021) 1500618

Gaji Karyawan JD ID Semua Posisi

Berikut ini adalah gaji karyawan JD ID untuk semua posisi, antara lain:

NO POSISI KARYAWAN GAJI
1 Customer Service Head Rp25.500.000,00
2 Manager Rp14.000.000,00
3 Technical Support Staff Rp4.200.000,00
4 Office Manager Rp4.000.000,00
5 Accounting Manager Rp4.000.000,00
6 Marketing Supervisor Rp4.000.000,00
7 Entry Staff Rp4.000.000,00
8 Technical Support Rp4.000.000,00
9 Driver Rp3.500.000,00
10 Account Executive Rp3.000.000,00
11 Admin Operasional Rp2.500.000,00
12 Contact Center Rp2.500.000,00
13 Billing Staff Rp2.500.000,00
14 Staff Administrasi Operasional Rp2.500.000,00
15 IT Support Rp2.300.000,00
16 Kurir Rp2.000.000,00
17 Call Center Rp1.500.000,00

Berbeda dengan beberapa jabatan di atas, untuk gaji karyawan JD ID dengan posisi kurir adalah sebagai berikut:

NO KOTA GAJI
1 DKI Jakarta Rp3.954.488,00
2 Bogor Rp3.546.276,00
3 Tangerang Rp3.389.629,00
4 Surabaya Rp3.112.947,00
5 Bandung Rp3.012.286,00
6 Malang Rp3.005.134,00
7 Bekasi Rp2.580.339,00
8 Denpasar Rp2.433.227,00

Contoh Slip Gaji Karyawan JD ID

Sedangkan untuk contoh dari slip gaji karyawan JD ID bisa Anda ketahui di bawah ini:

gaji karyawan JD ID

Tunjangan dan Bonus JD ID

Tidak hanya pokok gaji karyawan JD ID saja, perusahaan ini juga memberikan tunjangan beserta dengan bonus.

Untuk posisi kurir mendapatkan bonus, insentif ataupun tunjangan yang masing-masing dengan nominal berbeda sesuai dengan ketentuan dari kantor JD ID.

Dengan demikian selain gaji pokok, kurir juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan, antara lain sebagai berikut:

  • Tunjangan kehadiran kurir Rp35.000 per hari
  • Uang bensin
  • Bonus dan insentif sesuai dengan nominal dari kantor
  • Uang bensin

Besaran nominal dari tunjangan dan bonus akan berbeda-beda setiap kantor JD ID setempat, jadi lebih disarankan untuk menanyakan secara langsung ke petugas di kantor cabang J-Express.

Keberadaan pendapatan tambahan ini jika ditotal akan menambah gaji kurir hingga Rp4.000.000 per bulannya.

Syarat Melamar dan Cara Melamar Kerja JD ID

gaji karyawan JD ID

Bagi Anda yang berminat untuk bergabung dengan perusahaan e-commerce ini usai mengetahui berapa gaji karyawan JD ID, maka simak syarat dan cara melamar kerjanya berikut.

  1. Tentunya Anda perlu mencari tahu informasi mengenai lowongan kerja yang sedang dibuka melalui website resmi JD ID di sini.
  2. Jika sudah menemukan posisi yang diinginkan, lihat persyaratan yang diperlukan.
  3. Anda bisa menyiapkan persyaratan tersebut beserta dengan berkas yang dibutuhkan.
  4. Kirim surat lamaran kerja dan CV ke alamat yang tertera atau bisa melalui website atau email resmi.
  5. Tunggu hingga ada panggilan untuk interview dari JD ID.

Cara Kerja Kurir JD ID

Untuk posisi kurir tentu wajib memahami bagaimana operasional atau cara kerja sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang optimal.

JD ID sudah mempunyai SOP yang mengatur cara kerja setiap karyawannya.

Kurir mempunyai tugas utama mengantarkan paket yang dipesan hingga ke alamat yang dituju, prosesnya pun wajib untuk mengikuti aturan yang berlaku.

Setiap kurir juga biasanya telah ditugaskan di wilayah tertentu sehingga kegiatan pengiriman akan berjalan dengan lebih lancar.

Tidak hanya mengantarkan barang saja, kurir juga mengambil barang dari seller atau konsumen ketika retur.

Berikut adalah cara kerja kurir JD ID:

  1. Kurir wajib datang tepat waktu dan sesuai dengan jam kerja.
  2. Melakukan absensi.
  3. Mengambil formulir data pengiriman barang.
  4. Mengangkut paket ke kendaraan (motor atau mobil). Barang harus ditata sesuai dengan urutan pengiriman.
  5. Kurir akan mengirim paket ke alamat tujuan hingga usai.
  6. Setelah pengiriman selesai, kurir kembali ke kantor untuk melaporkan pengiriman.

Tugas Kurir

  • Menjaga kerahasiaan isi barang yang dipesan konsumen.
  • Mengirimkan barang dengan baik.
  • Mengirimkan paket tepat waktu.
  • Memastikan paket telah sesuai dengan penerima.
  • Melaporkan pengiriman jika pekerjaan telah selesai.

Baca juga: Gaji Karyawan PT Semen Baturaja (Persero) Semua Jabatan Terbaru

Contoh Surat Lamaran Kerja JD ID

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja JD ID:

Jakarta, 5 Maret 2024 (diisi sesuai dengan tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja).

Kepada Yth,

HRD PT JD ID

Di tempat (lokasi PT JD ID)

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Amanda Giselda Kurnia

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 10 November 1999

Jenis Kelamin : Perempuan

Alamat : Jl. Kamboja, No. 99, RT 10/ RW 4, Kemang, Jakarta Selatan

Nomor telepon : 0812XXXXXXXX (nomor telepon aktif)

Email : [email protected] (email Anda yang aktif)

Pada kesempatan ini saya Amanda Giselda Kurnia bermaksud untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan di JD ID dengan posisi Digital Marketing (posisi yang ingin Anda lamar). Saya tertarik untuk bergabung dengan JD ID.

Sebelumnya saya sudah pernah bekerja dengan posisi Digital Marketing selama 2 tahun. Saya lulusan dari Universitas Bunda Kandung Utama dengan IPK 3.05 dan selama berkuliah saya aktif dalam kegiatan organisasi sesuai dengan jurusan saya. Saya mampu berkomunikasi dengan baik dan bekerja dengan teliti.

Berikut ini saya lampirkan CV, sertifikat penghargaan, dan dokumen pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan.

Besar harapan saya untuk bergabung dengan JD ID. Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat saya,

Amanda Giselda Kurnia

Kesimpulan

Pastikan Anda hanya melamar pekerjaan melalui sumber yang terpercaya seperti official website JD ID.

JD ID tidak pernah meminta biaya dalam perekrutan karyawan, hati-hati penipuan yang dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Demikian pembahasan kali ini mengenai gaji karyawan JD ID semoga bermanfaat untuk Anda ya!

Tinggalkan komentar